Info NKRI

Situs Berita Online Indonesia Terpercaya dan Terupdate Seputar Bisnis, Politik, Ekonomi, Olahraga, dan Berita Mancanegara

MILF Pemberontah Filipina Akan Bantu Warga Marawi

MILF Pemberontah Filipina Akan Bantu Warga Marawi

MILF Pemberontah Filipina Akan Bantu Warga Marawi – Salah satu grup pemberontak di Filipina, Front Pembebasan Islam Moro (MILF), setuju untuk mengimbuhkan bantuan bagi warga sipil di Kota Marawi yang terlilit didalam pertempuran sengit pada militer bersama militan Maute.

Keputusan ini disampaikan langsung oleh Ketua MILF, Murad Ebrahim, selagi bertemu bersama Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, pada Senin (29/5) lalu.

“Sejumlah kerja serupa dapat dilakukan pada pemerintah dan MILF,” demikian bunyi pernyataan MILF sebagaimana dilansir didalam situs mereka, Luwaran.

MILF menyatakan, Komite Koordinasi Gencatan Pertempuran (CCCH) dapat menyusun siasat untuk mengimbuhkan bantuan kemanusiaan ke Marawi secara aman.

Situasi di Marawi dilaporkan kian mencekam sesudah pekan lalu pecah bentrokan pada militer Filipina bersama Maute, grup militan yang berafiliasi bersama ISIS.

Pertempuran sengit yang sudah menewaskan puluhan orang ini bermula disaat militer Filipina melancarkan operasi untuk menangkap pemimpin grup Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon.

Ketika bentrokan pecah, Presiden Filipina, Rodrigo Duterte langsung mendeklarasikan darurat militer. Namun didalam pertemuan ini, Duterte memastikan bahwa darurat militer itu bukan untuk melawan MILF.

“Presiden memastikan kepada para pemimpin MILF bahwa darurat militer bukan untuk melawan MILF, MNLF (Front Pembebasan Nasional Moro), atau NPA (Tentara Rakyat Baru), namun untuk menumpas pemberontakan Maute dan grup teroris lain yang terinspirasi ISIS,” tulis MILF, sebagaimana dikutip Inquirer.

MILF sendiri selama ini sudah lebih dari satu kali laksanakan perundingan damai bersama pemerintah. Namun, belum tersedia hasil tentu dari rangkaian perundingan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Online Indonesia | Berita NKRI Frontier Theme