Info NKRI

Situs Berita Online Indonesia Terpercaya dan Terupdate Seputar Bisnis, Politik, Ekonomi, Olahraga, dan Berita Mancanegara

Penjelasan Soetrisno Bachir Tentang Asal Duit 600 Juta Untuk Amien Rais

Penjelasan Soetrisno Bachir Tentang Asal Duit 600 Juta Untuk Amien Rais

Penjelasan Soetrisno Bachir Tentang Asal Duit 600 Juta Untuk Amien Rais – Mantan Ketum PAN Amien Rais mengakui terima duit dari Soetrisno Bachir yang kemudian disebut dalam tuntutan jaksa KPK pada terdakwa masalah pengadaan alat kesehatan, Siti Fadilah Supari. Soetrisno Bachir menjelaskan asal-muasal duit tersebut.

“Mengenai masalah yang ulang berkembang, sebetulnya ini sudah tersedia proses di pengadilan, bersama dengan tersangkanya Bu Fadilah. Kemudian yang disebut SBF (Soetrisno Bachir Foundation) yang ketuanya, Saudari Nuki, dan sekretarisnya, Saudari Yurika, yang kebetulan itu saudara istri saya,” kata Soetrisno Bachir mengawali penjelasan.

Hal itu dia sampaikan seusai acara buka puasa bersama dengan di kediaman Zulkifli Hasan di kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (2/6/2017). Zulkifli terhitung mendampingi Soetrisno.

Soetrisno menjelaskan bahwa dana SBF masuk ke rekening Yurika. Dia menyebut SBF bukan lembaga berbadan hukum.

“SBF itu bukan yayasan, itu cuma nama saja. Kalau saya melaksanakan kegiatan-kegiatan menolong yatim-piatu, area banjir itu mengfungsikan nama SBF itu, menjadi tersedia kertasnya segala, tapi tidak tersedia berbadan hukum,” ucap Ketua KEIN ini.

Dia menjelaskan dana SBF digunakan untuk belanja sembako atau pertolongan lainnya. Dana keluar lewat Nuki atau Yurida.

“Demikian terhitung kala saya menolong Pak Amien itu dari dulu dari th. 1985-an itu, itu terhitung saya lakukan. Nah berarti Pak Amien mendapat aliran dana atau pertolongan dari saya. Saya ini kan swasta yang lewat Bu Yuri itu. Saya ini bukan pemerintah,” ujar Soetrisno.

Soetrisno menyebutkan Amien tidak tersedia hubungannya bersama dengan perputaran duit tersebut. Dia menyebut duit Rp 600 juta untuk Amien itu bersumber dari banyak pihak.

“Tahun 2007 itu menjadi Pak Amien sebetulnya tidak tersedia hubungannya. Nah kecuali sekarang sudi ditarik ke sana ulang itu duit dari mana, duit itu dari mana-mana, khususnya duit itu dari zakat, infak, dan sedekah dari Soetrisno Bachir. Itu masuk ke rekening Bu Yuri itu untuk kesibukan sosial,” ungkapnya.

Dia terhitung tidak sudi menyebut total dana yang ditransfer ke Amien Rais. “Mengenai jumlahnya, ya nanti kecuali disebut dikira ria ya,” tutur Soetrisno.

Sebelumnya, dalam konferensi pers di kediamannya, Amien mengaku duit Rp 600 juta yang disebut dalam sidang Siti Fadilah itu berasal dari Yayasan Soetrisno Bachir yang ditransfer ke rekeningnya pada kurun 15 Januari-13 Agustus 2007.

“Karena itu berlangsung sudah 10 th. lalu, saya langsung me-refresh memori saya. Pada kala itu Soetrisno Bachir menjelaskan dapat mengimbuhkan pertolongan keuangan untuk tugas operasional saya untuk seluruh kegiatan, agar tidak membebani pihak lain,” kata Amien di kediamannya, Jalan Gandaria, Jakarta Selatan, Jumat (2/6).

“Persahabatan saya bersama dengan Soetrisno Bachir sudah berhubungan lama sebelum PAN lahir pada 1998. Seingat saya, sebagai pengusaha sukses kala itu, dia selalu berikan pertolongan pada berbagai kesibukan saya, baik kesibukan sosial maupun keagamaan,” ucap Amien.

Dalam tuntutan jaksa pada Siti Fadilah Supari, Amien disebut terima aliran dana sebanyak 6 kali bersama dengan total Rp 600 juta. Uang itu ditransfer dari rekening atas nama Yurida Adlani selaku Sekretaris Yayasan Soetrisno Bachir Foundation (SBF).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Online Indonesia | Berita NKRI Frontier Theme